6 Obat Batuk Tradisional untuk Anak dan Ibu Hamil

Obat batuk kering tradisional untuk anak dan ibu hamil. Obat batuk sekarang ini banyak sekali macamnya, mulai dari obat untuk batuk kering, batuk berdahak, dan berbagai jenis batuk lainnya. Batuk merupakan bukan penyakit yang berbahaya namun jika dibiarkan bisa menyiksa diri sendiri apalagi jika itu terjadi pada anak dan ibu yang sedang hamil.

Anak-anak dan ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat, sebab jika salah minum obat bisa malah terganggu kesehatannya dan bisa berdampak tidak baik bagi janin. Oleh karena itu, mengkonsumsi obat-obatan alami atau tradisional lebih dianjurkan.

Obat Batuk Tradisional Untuk Anak dan Ibu Hamil

obat-batuk-kering-tradisional-anak-ibu-hamil

Obat batuk tradisional untuk anak dan ibu hamil juga harus dipilih sesuai jenis batuknya, apakah batuk pilek, kering, atau jenis batuk lainnya. Berikut akan diberikan penjelasan singkat mengenai obat-obatan tradisional alami yang dapat menyembuhkan batuk untuk anak maupun ibu hamil.

1. Madu

Bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk adalah madu. Madu yang digunakan untuk mengobati batuk pada anak dan juga ibu hamil adalah madu murni bukan madu yang sudah diberi pemanis dan sebagainya. Itulah mengapa, madu murni sangat ampuh untuk mengatasi batuk. Madu bisa dicampur pada minuman hangat seperti teh ataupun susu. Lebih baik lagi jika madu diminum satu sendok makan setiap harinya di pagi hari, karena selain batuk akan hilang, tubuh pun menjadi sehat kembali.

2. Jahe

Obat untuk mengatasi batuk kering tradisional yang paling ampuh untuk anak dan ibu hamil yaitu jahe. Jahe yang sangat ampuh untuk mengatas batuk kering adalah jahe merah. Untuk menggunakan jahe sebagai obat batuk kering tradisional sangat mudah, jahe yang sudah dicuci bersih kemudian digeprek ataupun diiris-iris lalu direbus sampai mendidih dan airnya sedikit berkurang. Setelah itu, saring airnya dan minum dua kali sehari. Jika kurang manis, Anda bisa menambah sedikit gula batu.

3. Kunyit

Kunyit yang biasanya digunakan untuk bahan masakan ini ternyata bisa digunakan untuk mengobati batuk. Cara menggunakan kunyit untuk mengobati batuk ini sangat mudah. Gunakan kunyit bubuk lalu campurkan pada teh ataupun susu. Kunyit akan memberikan tambahan rasa dan juga khasiat pada minuman.

4. Kencur

Kencur juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk pada ibu hamil dan anak-anak. Bahkan, kencur bisa mengatasi batuk berdahak pada anak. Cara menggunakan kencur untuk obat batuk berdahak anak sangat mudah. Ambil beberapa batang kencur kemudian bersihkan lalu rebus dengan menggunakan air sampai air rebusannya tinggal separuh. Saring airnya dan buang ampasnya, minumlah air rebusan kencur ini secara rutin.

5. Serai

Obat batuk ibu hamil yang paling aman dan ampuh adalah serai. Serai atau sereh biasa digunakan untuk penyedap rasa pada makanan. Namun tidak hanya itu, serai ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu menyembuhkan batuk pada ibu hamil. Cara menggunakan serai untuk batuk sangat mudah. Ambil sereh cuci bersih kemudian di keprek dan rebus sampai mengeluarkan aroma yang sedap. Minum air rebusan itu, dua kali sehari.

6. Kemangi

Kemangi yang biasa digunakan untuk lalapan ternyata juga bisa mengatasi batuk. Untuk Anda yang masih batuk bisa memperbanyak konsumsi kemangi untuk lalapan. Tentu saja kemangi tidak harus dimakan tiga kali sehari, cukup di siang ataupun malam hari sebagai makanan pendamping nasi.

Batuk yang dialami anak ataupun ibu hamil jangan dibiarkan, maka segera sembuhkan dengan obat-obatan alami. Obat batuk yang dianjurkan untuk ibu hamil dan anak-anak adalah obat alami karena lebih aman dan sehat.

Batuk juga harus dicegah dengan selalu menjaga kesehatan tubuh, yakni dengan cara selalu rutin makan dan minum yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, jika akan bepergian, gunakan masker, karena salah satu penyebab batuk adalah debu.

Image : Obat Batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *