Bunga Anggrek Bulan, Putih, Ungu dan Hitam

Bunga Anggrek bulan, putih, ungu dan hitam. Bunga Anggrek merupakan salah satu bunga khas Indonesia yang juga sering disebut sebagai bunga puspa pesona. Bunga ini juga merupakan salah satu bunga nasional Indonesia.

Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani asal Belanda bernama Dr. C.L Blume. Selain di Indonesia bunga ini juga tersebar merata diseluruh kawasan Asia khususnya di wilayah Filipina, Malaysia, Indonesia, Papua , dan bahkan di Australia.

Bunga ini termasuk kedalam jenis bunga monopodial atau tumbuhan yang tidak terlalu suka dengan sinar matahari agar dapat terus bertahan hidup. Anggrek memiliki ciri daun yang memanjang dengan bunga yang ketika mekar bisa mencapai hingga 10 cm.

Bunga Anggrek Bulan

bunga-anggrek-hitam-putih-ungu-bulan

Anggrek sendiri memiliki berbagai varietas selain anggrek bulan yang berwarna putih masih banyak jenis anggrek dengan warna bunga yang sangat cantik mempesona. Diantaranya adalah bunga anggrek bulan, bunga ini merupakan salah satu bunga khas Indonesia.

Pertama kali di Indonesia ditemukan di Maluku dan kemudian dijuluki sebagai puspa pesona mendampingi bunga melati sebagai puspa bangsa. Selain itu anggrek bulan juga memiliki ciri yang unik yaitu bentuk dari bunga yang menyerupai bulan sabit sehingga disebut dengan anggrek bulan. Kebanyakan dari anggrek bulan ini memiliki warna bunga putih.

Bunga Anggrek Hitam

Selain anggrek bulan, terdapat pula jenis varietas lainnya yaitu bunga anggrek hitam. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya namun memang keberadaan bunga anggrek dengan warna kelopak hitam benar adanya.

Tidak jauh berbeda dari bentuk bunga anggrek kebanyakan yaitu memiliki kelopak bunga lebar berjumlah minimal 4 dengan harum yang tidak begitu harum namun ketika mekar akan terlihat lebih bagus dan indah.

Perbedaannya hanya terletak pada warna kelopak bunga yang menyerupai warna hitam. Untuk membudidayakannya tidak teralu rumit namun tergolong langka karena belum banyak yang memilikinya.

Bunga Anggrek Ungu

Selain hitam, ada pula varietas anggrek dengan warna kelopak bunga berwarna ungu. Untuk yang satu ini tidak tergolong langka atau unik karena cukup banyak ditemukan di daerah Indonesia.

Bentuk kelopak dari bunga ini juga lebar dengan warna semu ungu disekitarnya. Bunga anggrek ungu ini akan sangat indah dan juga cantik ketika bermekaran. Jika dibandingkan dengan anggrek bulan, anggrek ungu sedikit terlihat lebih besar dan juga lebih lebar bentuk bunganya.

Kebanyakan dari para kolektor bunga anggrek pasti menemuinya koleksi bunga ungu ini karena memang cukup mudah untuk mencari dan membudidayakannya.

Bunga Anggrek Putih

Disamping ketika jenis anggrek tersebut, ada pula bunga anggrek putih yang tentunya memiliki ciri khas kelopak bunga dengan warna putih. Meskipun memiliki warna sama dengan anggrek bulan, anggrek putih ini memiliki bentuk kelopak yang sedikit berbeda.

Anggrek putih memiliki kelopak yang sedikit lebih lebar dan juga luas hampir sama dengan anggrek hitam dan juga ungu. Varietas yang satu ini juga sangat mudah untuk Anda temukan karena tidak termasuk jenis bunga anggrek yang langka.

Image : Bunga Anggrek

One thought on “Bunga Anggrek Bulan, Putih, Ungu dan Hitam

  • November 3, 2015 at 12:50 pm
    Permalink

    Selamat siang,

    Saya membutuhkan bunga anggrek yang berwarna hitam ( Kelopak hitam ), mohon bantuannya untuk mendapatkan

    Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *