Bunga Melati Merah Putih Belanda

Bunga melati merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan di Indonesia. Bentuk kelopak yang mungil namun berbau sangat harum dan khas menjadi daya tarik utama dari tumbuhan hias ini. jika semakin diamati,maka Anda akan menemukan berbagai keunikan dari bunga mungil yang dijuluki puspa bangsa ini.

Melati tumbuh secara merambat menyerupai perdu dengan batang lemah. Daun melati terlihat sempit dan juga kecil bersirip. Jika Anda menemukannya di jalan dapat dipastikan Anda akan langsung mengenalinya. Ada banyak jenis dan juga varietas melati. Mulai dari berwarna putih, merah dan juga melati yang berasal dari Belanda.

Bunga Melati Putih dan Merah

Bunga melati putih adalah bunga nasional Indonesia yang diberi nama sebagai puspa bagsa. Melati putih ini merupakan spesies yang berasal atau yang banyak ditemukan di bagian Asia Selatan. Melati ini dapat tumbuh di iklim panas dan juga tropis sehingga sangat cocok untuk hidup di Indonesia. Jenis melati putih ini paling banyak ditemui di Indonesia sehingga tidak begitu sulit untuk mencarinya.

bunga-melati-merah-putih-belanda

Tidak salah jika melati putih dijadikan salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia. Untuk Indonesia sendiri banyak nama lokal yang diberikan untuk si melati putih. Antara lain adalah menuah, melur, Meulu Cut, Melete dan masih banyak lagi.

Selain melati putih, sebenarnya ada sekitar 200 jenis melati yang ditemukan namun dari kesemuanya hanya sekitar 8 hingga 9 jenis melati yang umum dibudidayakan oleh masyarakat. Antara lain adalah melati yang memiliki kelopak kuning yaitu Jasmine Fruticanc, Jasmine Humile, Jasmine Mesnyi dan masih banyak lagi.

Ada pula bunga melati merah yang juga sangat langka untuk ditemukan antara lain jenis melati Jasmine Besianum dan juga Forest dan Diels. Ada pula melati yang ketika kuncup berwarna merah namun ketika akan mekar berubah warna menjadi putih yaitu jenis melati Jasmine Grandiflorum.

Bunga Melati Belanda

Selain warnanya melati juga memiliki jenis atau spesies dengan memiliki bentuk kelopak yang berbeda. Misalnya pada jenis bunga melati Belanda. Bunga ini merupakan jenis bunga melati yang tidak biasa namun sudah cukup umum ditemukan di Indonesia. Kelopak daun yang berwarna sedikit semu merah, merah muda, dan juga putih menjadikannya terlihat sangat unik dan juga cantik. Pasalnya melati Belanda ini dapat mensimbolkan sebuah keromatisan dari sebuah pasangan. Hal ini didasarkan pada warna kelopak yang sedikit semu merah mudah yang terlihat sangat manis.

Selai beberapa jenis bunga melati diatas masih banyak jenis melati lain yang bisa Anda temukan. Bentuk bunga yang sederhana, harus yang sangat khas dan juga lembut menjadikannya diminati oleh banyak kolektor tanaman hias. Tidak hanya itu harga melati yang sangat murah dan juga merakyat juga menjadi salah satu faktor pemikat masyarakat. Tidak heran jika Melati dijadikan sebagai Puspa Bangsa oleh bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *