Cara Mendidik Anak 1 , 2 dan 3 Tahun Yang Baik dan Benar

Cara Mendidik Anak Usia 1 , 2 dan 3 Tahun. Kadang-kadang masih banyak orang tua yang bingung mengenai bagaimana cara mendidik anak yang benar. Jika di jaman dulu orang tua biasanya mendidik anak dengan cara yang keras, akan tetapi banyak penelitian yang menyatakan bahwa cara tersebut merupakan cara yang salah karena bisa memberikan dampak yang tidak baik pada saat mereka dewasa.

Dengan demikian, sebagai orang tua yang baik seharusnya mendidik mereka dengan melakukan pendekatan secara persuasif, bukan lagi dengan cara kekerasan. Hal ini bertujuan agar anak patuh dan bersedia mendengarkan apa yang kita katakan secara sukarela dan tanpa paksaan.

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun

Anak usia 1 tahun biasanya hanya akan responsif terhadap efek cahaya. Maka dari itulah, bayi yang berusia di bawah 1 tahun yang sudah mulai membuka mata harus selalu ditempatkan pada tempat dengan pencahayaan yang cukup terang agar mata bayi dapat melihat dengan sempurna.

cara-mendidik-anak-1-2-3-tahun

Cara mendidik anak usia 1 tahun tentunya akan sangat berbeda dengan mendidik anak-anak pada usia 2 tahun karena anak di bawah 1 tahun belum bisa melakukan berbagai macam interaksi dan reaksi. Jadi pola pendidikan yang diterapkan juga belum begitu kelihatan.

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Semakin tinggi usia sang anak tentunya akan mempengaruhi pola pendidikan yang dilakukan. Anak usia 2 tahun umumnya sudah mengenali suara-suara yang seringkali mereka dengar seperti suara ayah dan ibunya, bahkan mereka bisa melirik saat seseorang memanggil namanya.

Hal ini berarti indra pendengarannya telah berfungsi meskipun belum berfungsi dengan maksimal. Oleh karena itu cara mendidik anak usia 2 tahun biasanya dimulai dengan membiasakan mengatakan hal-hal yang baik dan positif. Selain itu ajarkan juga hal-hal baik sederhana seperti ber Do’a sebelum makan, menjaga kebersihan, dan masih banyak lagi hal sederhana lainnya.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Untuk mendidik anak usia 3 tahun, biasanya menggunakan 3 kata utama yaitu perintah, larangan, dan biarkan. Hal ini harus dilakukan secara berulang sehingga akan menjadi suatu kebiasaan bagi sang anak. Jadi sebisa mungkin biasakanlah menyeimbangkan antara perintah dan larangan agar anak tumbuh menjadi anak-anak yang patuh, baik, taat, berbakti serta sayang terhadap orang tua.

Itulah kenapa cara mendidik anak sangat penting bagi orang tua. Cara mendidik anak akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak ini sendiri. Intinya adalah sebagai orang tua harus senantiasa memberikan keteladanan dan juga perhatian karena tidak mungkin anak-anak akan menjadi penurut dan patuh jika orang tuanya tidak memberikan teladan yang baik.

Selain itu hal yang tidak kalah penting juga adalah komunikasi. Dengan melakukan komunikasi secara intensif dan meluangkan waktu untuk anak akan dapat meningkatkan kedekatan antara anak dan orang tua.

Image : Cara Mendidik Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *