Cara Mengatasi Penyakit Hipertensi Secara Alami

Cara mengatasi penyakit hipertensi secara alami mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit seperti hipertensi atau darah tinggi. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dewasa ini memang sudah terdapat cukup banyak cara atau metode yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Penyakit hipertensi atau yang hingga saat ini dikenal juga dengan sebutan penyakit darah tinggi ini memang merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh berbagai kalangan. Jenis penyakit ini diketahui disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari usia, genetik/keturunan, gaya hidup tidak sehat, obesitas, stress berlebih, dan pola makan yang tidak sehat.

Cara Mengatasi Penyakit Hipertensi Secara Alami

Penyakit hipertensi sendiri merupakan jenis penyakit yang bermasalah pada tekanan darah. Dalam kasus penyakit ini diketahui bahwa penderitanya akan memiliki tekanan darah yang sangat tinggi di atas rata-rata. Tentunya kondisi tersebut akan menjadi permasalahan yang serius jika dibiarkan begitu saja.

Cara Mengatasi Penyakit Hipertensi Secara Alami

Bahkan memiliki resiko terburuk kematian serta dapat menimbulkan berbagai penyakit lain seperti diabetes, rematik, asam urat, dan hyperfungsi kelenjar thyroid. Untuk mengatasinya tentu tidak harus selalu menggunakan cara medis saja, melainkan juga dapat dibantu dengan pengobatan secara alami atau tradisional.

Banyak keuntungan yang diperoleh dari cara pengobatan tradisional, salah satunya yakni terbebas dari berbagai macam efek samping negatif akibat obat-obatan kimia. Karena metode pengobatan tradisional akan menggunakan bahan alami yang bebas dari zat kimia. Dan berikut ini adalah beberapa cara mengatasi penyakit hipertensi secara alami.

  1. Buah Mengkudu

Ya, salah satu bahan alami yang dikenal paling ampuh dalam mengatasi penyakit hipertensi adalah buah mengkudu. Kandungan senyawa alami yang dimiliki buah ini memang diyakini sangat cepat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Pengobatan dengan buah ini pun tidaklah sulit dan terhitung sangat mudah.

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu 2 buah mengkudu matang, cuci bersih buah tersebut kemudian parut dan peras untuk mendapatkan air sarinya. Saring terlebih dahulu kemudian minum air sari buah mengkudu tersebut. Untuk hasil optimal, lakukan cara tersebut 2 hingga 3 kali dalam sehari.

  1. Bawang Putih

Satu lagi bahan alami yang dikenal ampuh dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi yakni bawang putih. Rupanya salah satu bumbu dapur ini tidak hanya dapat digunakan untuk memasak, melainkan juga dapat digunakan untuk metode pengobatan tradisional.

Pengobatannya sendiri sangatlah mudah, konsumsi bawang putih mentah sebanyak 2 butir dan lakukan cara tersebut antara 2 hingga 3 kali sehari. Tidak harus dikonsumsi langsung, namun dapat juga dikonsumsi saat makan nasi.

  1. Daun Pegagan

Daun pegagan ini diketahui merupana dedaunan dari tanaman liar, namun kandungan senyawa alami yang dimiliki oleh daun ini rupanya efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penyakit hipertensi. Tanaman herbal ini dapat digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yakni dengan cara dibuat ramuan.

Siapkan kurang lebih 20 lembar daun pegagan yang masih segar, kemudian cuci bersih setiap lembarnya. Rebus daun tersebut dengan 3 gelas air bersih lalu biarkan hingga mendidih dan airnya menyusut hingga sekitar 2¼ gelas. Bagi ramuan tersebut menjadi 3 gelas dan diminum 3 kali sehari. Jika terlalu pahit maka dapat mencapurnya dengan sedikit gula.

  1. Daun Seledri

Rupanya tidak hanya bumbu dapur seperti bawang putih saja yang dapat digunakan untuk ramuan herbal hipertensi. Namun daun seledri juga diketahui dapat dijadikan ramuan herbal untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penyakit hipertensi. Kandungan yang dimiliki oleh tanaman ini rupanya mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif.

Cara membuatnya pun terhitung mudah, siapkan kurang lebih 16 batang seledri kemudian cuci hingga bersih. Potong-potong seledri lalu rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas. Didihkan hingga air rebusan tersisa 1 gelas, lalu minum sebanyak 2 kali sehari masing-masing ½ gelas untuk sekali minum.

Beberapa cara mengatasi penyakit hipertensi secara alami di atas tadi tentu sangatlah mudah, bahkan berbagai bahan alami yang digunakan dapat ditemukan dengan mudah melalui lingkungan sekitar. Semoga informasi kesehatan dan penyakit terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat bagi Anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *