Obat Gusi Bengkak Bernanah dan Berdarah Untuk Ibu Hamil

Gusi bengkak? Pastinya rasanya sangat menyakitkan, bukan? Hal pertama yang Anda cari saat mengalami masalah ini pasti adalah obat gusi bengkak. Gusi bengkak umumnya terjadi karena pembusukan pada gigi. Gusi bengkak bisa berupa bengkak kecil kemerahan pada gusi atau bengkak bernanah akibat peradangan atau infeksi.

Gusi bengkak juga dapat terjadi akibat banyaknya plak pada gusi yang tidak dibersihkan. Gusi bengkak sudah dikategorikan serius apabila ketika rasa nyeri mulai muncul. Rasa nyeri menandakan adanya bakteri yang masuk dan menyebabkan infeksi tersebut.

Obat Gusi Bengkak dan Berdarah

Gusi bengkak memiliki beberapa faktor penyebab antara lain kurang terjaganya kebersihan mulut, rokok, diabetes dan riwayat penyakit gusi dari keluarga. Dalam hal ini penderita mungkin memerlukan obat gusi bengkak dan berdarah yang tepat. Sebagai langkah awal Anda bisa menggunakan obat tradisional sederhana yang sudah diuji coba selama ratusan tahun yaitu dengan berkumur dengan larutan air garam.

obat-gusi-bengkak-bernanah-berdarah

Air garam dapat membantu membunuh kuman dan bakteri di daerah mulut sekaligus mengurangi pembengkakan. Caranya adalah dengan melarutkan satu sendok makan garam dengan segelas air hangat. Kumur beberapa detik kemudian menyikat gigi seperti biasa. Lakukan 2-3 kali sehari sampai pembengkakan berkurang.

Obat Gusi Bengkak Bernanah

Apabila gusi bengkak yang Anda derita sudah sampai pada tahap bernanah, kemungkinan besar Anda akan diberi obat gusi bengkak bernanah oleh dokter untuk menyembuhkannya. Secara alami, Anda bisa menggunakan kantong teh untuk mengurangi gusi bengkak dan bernanah tersebut. Letakkan kantong teh di antara gusi bengkak dan pipi bagian dalam selama beberapa jam atau semalaman jika perlu.

Cara ini dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak yang Anda rasakan. Sebagai langkah pencegahan, konsumsi vitamin C dosis tinggi setidaknya tiga kali sehari. Vitamin C dengan dosis 1000 mg dapat berfungsi juga sebagai antibiotic alami untuk melawan kuman dan bakteri yang masuk dan menyebabkan infeksi pada gusi.

Obat Gusi Bengkak Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Jika dengan cara-cara tersebut di atas pembengkakan pada gigi tidak juga berkurang, maka tidak ada cara lain selain memeriksakan gusi Anda pada dokter. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil yang mengalami gusi bengkak. Obat gusi bengkak untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan penderita biasa. Ini karena janin di dalam kandungan ibu kemungkinan besar tidak akan tahan pada obat-obatan yang bertujuan menyembuhkan gusi bengkak.

Perawatan medis pun akan dilakukan dengan sangat hati-hati mengingat kondisi ibu yang sedang hamil. Misalnya jika biasanya dokter akan meminta penderita untuk melakukan foto rontgen untuk mengetahui dengan tepat kondisi mulut bagian dalam, pada ibu hamil kemungkinan besar hal itu akan dipertimbangkan lagi oleh dokter.

Hal ini berlaku juga untuk ibu menyusui. Meskipun tidak lagi ada bayi di dalam perut ibu, namun ASI yang diberikan dari tubuh ibu ke bayi sangat berpengaruh terhadap kesehatan bayi secara keseluruhan. Apabila ibu menyusui mengkonsumsi obat gusi bengkak untuk ibu menyusui yang kurang tepat, dikhawatirkan bahan-bahan kimia dapat masuk ke tubuh bayi melalui ASI. Tentu saja hal tersebut berbahaya. Oleh karenanya, seperti ibu hamil, ibu menyusui pun memerlukan pengobatan yang lebih khusus dan lebih hati-hati.

Gusi bengkak terkadang memerlukan tindakan operasi pencabutan gigi. Pencabutan gigi memang seringkali cukup berhasil untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan gusi dibandingkan dengan konsumsi obat gusi bengkak. Konsultasikan dengan dokter mengenai cara terbaik untuk penanganan dan pencegahan gusi bengkak.

Image : Obat Gusi Bengkak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *