Resep Dan Cara Membuat Rendang Sapi Spesial

Bagi Anda yang penasaran dengan resep dan cara membuat rendang sapi spesial, maka informasi salah satu kuliner populer tersebut dapat anda temukan pada ulasan berikut ini. Tentunya siapa yang tak kenal dengan masakan daging sapi dengan citarasa pedas ini, masakan daging sapi ini mungkin paling mudah ditemukan diberbagai rumah makan khas Padang di seluruh nusantata.

Kuliner ini memang merupakan salah satu kuliner daerah asli dari Indonesia, tepatnya berasal dari daerah Minangkabau yang masuk pada Provinsi Sumatera Barat. Di daerah asalnya yakni Mingkabau, kuliner dengan citarasa pedas ini biasanya kerap disajikan dalam acara-acara seperti perhelatan istimewa hingga berbagai upacara adat. Melalui hal tersebut tentu kita semua juga mengetahui bahwa kuliner khas daerah ini memang merupakan sajian yang istimewa.

Resep Dan Cara Membuat Rendang Sapi Spesial

Akan tetapi karena proses memasaknya yang membutuhkan waktu cukup lama, maka tidak semua kalangan dapat membuat rendang daging sapi ini. Selain itu, resep yang digunakan pun tentunya merupakan resep spesial yang berbeda dari varian masakan lain pada umumnya. Namun sebenarnya jika sudah mengetahui resepnya maka tidak akan ada kata sulit dalam membuatnya. Untuk Anda yang penasaran, maka berikut ini adalah resep dan cara membuat rendang sapi spesial khas Minangkabau.

Resep Dan Cara Membuat Rendang Sapi Spesial

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Daging sapi sebanyak 1,5Kg, potong-potong sesuai selera
  2. Asam kandis sebanyak 4 buah
  3. Daun jeruk sebanyak 5 lembar
  4. Kelapa parut sebanyak 3 butir, kemudian jadikan santan kental
  5. Daun kunyit sebanyak 1 lembar
  6. Serai sebanyak 2 batang, kemudian pipihkan dibagian putihnya
  7. Laos secukupnya
  8. Jahe secukupya
  9. Gula pasir secukupnya
  10. Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :

  1. Bawang merah sebanyak 15 buah
  2. Bawang putih sebanyak 7 siung
  3. Kemiri sebanyak 5 buah
  4. Cabe merah keriting sebanyak 50 gram (dapat ditambah atau dikurangi sesuai selera)

Cara membuat rendang sapi spesial :

  • Pertama-tama panaskan wajan dan minyak goreng secukupnya terlebih dahulu, tumis bumbu halus sebentar lalu masukan seluruh bumbu yang tersisa bersamaan dengan santan keental.
  • Aduk terus bumbu dan santan tersebut agar tercampur rata, dan aduk secara perlahan agar santan tidak pecah. Lakukan cara tersebut hingga bumbu mendidih.
  • Setelah mendidih, kecilkan api lalu masukan semua daging sapi yang telah disiapkan. Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat api yang digunakan harus kecil agar bumbu meresap sempurna pada daging juga hingga daging benar-benar empuk dan matang.
  • Masak terus hingga bumbu terlihat mulai surut dan berminyak serta daging sapi pun berubah warna menjadi cokelat tua. Sebaiknya ketika memasak jangan sering ditinggalkan, akan tetapi harus terus diaduk-aduk agar bagian bawah masakan tidak gosong dan matang secara merata.
  • Jika tidak ingin daging sapi hancur karena kelamaan dimasak, maka Anda dapat mengangkat seluruh daging sapi terlebih dahulu saat dirasa sudah cukup empuk dan matang. Setelah kuah pada bumbu mulai surut, maka masukan kembali semua daging sapi yang diangkat tadi, masak beberapa saat hingga bumbu meresap lalu matikan api dan tiriskan.
  • Untuk penyajian, akan lebih sempurna jika rendang sapi spesial ini dihidangkan dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Sangat mudah bukan cara membuatnya? Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa varian kuliner khas daerah ini merupakan salah satu jenis makanan yang mempu bertahan cukup lama. Bahkan diketahui jika proses memasaknya benar, maka rendang sapi ini tidak akan basi sekalipun disimpan hingga berminggu-minggu. Selamat mencoba sendiri resep dan cara membuat rendang sapi spesial di atas, semoga informasi kuliner populer di atas dapat bermanfaat serta dapat menambah koleksi resep kuliner Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *