Tahapan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah

Psikologi perkembangan anakĀ usia sekolah, tidak bisa dipisahkan dari perkembangan dan pertumbuhan anak sejak lahir. Perkembangan motorik dan fisik juga sangat berhubungan dengan perkembangan psikis anak anak.

Peran psikologi perkembangan untuk anak anak adalah sebagai pengiring pertumbuhan dan perkembangan anak secara holistik. Dalam rentang waktu anak anak manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik fisik dan mental yang pesat.

Saat masih anak anak manusia perlu dididik untuk membangun karakter dan mental yang baik. Pasalnya perkembangan pada masa anak anak mempengaruhi bagaimana pertumbuhan dewasa sang anak kelak.

Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah

psikologi-perkembangan-anak-usia-sekolah

Saat masa kanak kanan manusia mengalami masa perkembangan keemasan. Manusia saat kanak kanak mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pertumbuhan ini dimulai dari kemampuan berfikir, emosi, motorik dan perkembangan sosial. Hal ini akan berlanjut hingga anak anak masuk masa sekolah.

Psikologi perkembangan anak usia sekolah merupakan hal primer yang patut diketahui oleh orang tua dan guru. Pasalnya pada masa sekolah adalah masa perkembangan dan pertumbuhan anak dalam memasukkan nilai, norma dan pembentukan karakter sebagai manusia.

Lonjakan perkembangan psikologi anak anak terjadi saat manusia berusia 0 hingga 8 tahun. Setelah tahun ini berakhir lonjakan perkembangan manusia berhenti. Pada masa inilah masa kritis penanaman nilai nilai hidup anak untuk menghadapi masa depannya kelak.

Lonjakan perkembangan ini membutuhkan dukungan dan perhatian penuh dari orang tua. Untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya anak sebaiknya orang tua memperhatikan mengenai perkembangan anak anak nya.

Pada usia 0-7 tahun anak anak mengalami masa pertumbuhan baik motorik maupun psikis. Selain itu fungsi kognitif anak anak pada masa ini juga mengalami lonjakan perkembangan. Fungsi kognitif anak anak pada masa ini mengalami beberapa tahap operasional.

Tahapannya adalah Tahap Sensorimotor, Tahapan Pra-operasional, Tahap konkret operasional, dan Tahap Formal Operasional. Selain itu anak anak juga mengalami perkembangan bahasa dan sosio emosional.

Tahap perkembangan psikologi sosio emosional anak anak dimulai dari tahap percaya versus curiga (trust vs mistrust), Tahap Mandiri versus Ragu ( Autonomy vs Shame), Tahap berinisiatif versus bersalah (initiative versus guilt). Tahap tahap perkembangan ini dimulai dari usia 0 hingga 5 tahun.

Psikologi perkembangan anak pada usia dini harus diperhatikan baik baik oleh orang tua. Anak anak perlu dipersiapkan untuk melewati masa krusial pertumbuhan dan perkembangannya agar dapat melaksanakan tugas tugas perkembangan demi menyiapkan diri di masa dewasa.

Anak anak perlu memiliki ketrampilan tertentu dan menguasai berbagai macam ketrampilan agar menimbulkan perasaan berhasil sehingga merasa percaya diri. Dengan rasa percaya diri seperti ini anak dibantu untuk menatap masa depannya dengan penuh optimistis dan mandiri.

Image : Psikologi perkembangan anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *