Tanaman Obat Keluarga Tradisional Indonesia Dan Khasiatnya

Tanaman Obat Keluarga Tradisional Indonesia Dan Khasiatnya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah dan juga berbagai macam tanaman, termasuk tanaman obat. Dari zaman nenek moyang kita selalu memanfaatkan tanaman herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga kronis.

Meskipun begitu, tak sedikit masyarakat yang kurang menyadari arti pentingnya tanaman herbal alami buatan sendiri, justru malah memilih obat-obatan pabrik ataupun produk kesehatan yang berasal dari luar negeri. Padahal jika kita berpikir kembali, obat-obatan yang berasal dari tanaman herbal lebih banyak manfaatnya dan efek sampingnya juga tidak menimbulkan dampak yang negatif bagi tubuh.

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman obat keluarga atau disingkat sebagai TOGA ini merupakan tanaman yang dibudidayakan di sekitar rumah, baik di halaman rumah maupun di kebun sebagai obat-obatan herbal. TOGA ini selain menghijaukan pemandangan di sekitar rumah juga sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai obat tradisional.

tanaman-obat-keluarga-tradisional

Jadi, dengan menanam TOGA maka Anda bisa mengatasi berbagai macam penyakit secara alami dan mudah. Anda tak perlu lagi keluar rumah untuk membeli obat-obatan produk pabrik atau produk luar negeri yang dijual di apotik atau pasar. Sehingga tanaman ini bisa Anda manfaatkan untuk pengobatan keluarga.

Tanaman Obat dan Khasiatnya

Nah, untuk kali ini kita akan membahas beberapa khasiat dari tanaman herbal yang bisa digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit seperti berikut ini:

1. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang sangat terkenal dengan khasiatnya yang begitu banyak. Ya, lidah buaya sejak zaman dulu dikenal sebagai obat untuk menyuburkan rambut, kesehatan kulit, menghilangkan jerawat hingga obat kanker. Oleh karena itu, Anda jangan lupa menanam lidah buaya di depan rumah.

2. Temulawak

Tanaman obat tradisional selanjutnya adalah temulawak. Temulawak mengandung senyawa kurkumin yang berkhasiat sebagai anti racun dan juga anti radang. Temulawak juga sangat berkhasiat mengobati penyakit hepatitis B.

3. Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal keluarga yang bisa ditanam di depan rumah. Kumis kucing memiliki kandungan yang baik yang bermanfaat untuk mengobati panas dalam, nyeri perut, penambah nafsu makan dan melancarkan buang air besar.

4. Daun Dewa

Daun Dewa atau dengan nama ilmiah Gynura Divaricata ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam tanaman obat Indonesia ini seperti minyak atsiri, saponin dan lain-lain mampu menyembuhkan penyakit stroke, mengobati luka memar dan menurunkan tekanan darah.

5. Buah Belimbing

Buah belimbing mengandung nutrisi penting, seperti vitamin A, B, C, kalsium, protein, zat besi dan lain-lain. Buah belimbing ini berkhasiat sebagai obat kolesterol dan hipertensi. Maka sangat penting menanam tanaman buah belimbing ini di sekitar rumah Anda untuk pengobatan keluarga.

6. Seledri

Seledri merupakan salah satu penyedap rasa untuk masakan yang memiliki banyak khasiat. Karena kandungan kalsium yang tinggi seledri bisa mengobati asam urat tinggi, selain itu seledri juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

7. Tanaman Cakar Ayam

Satu lagi tanaman herbal yang berkhasiat adalah cakar ayam. Cakar ayam ini dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kanker, gangguan pernafasan, hepatitis, obat pendarahan, dan penurun panas.

8. Daun Sendok

Tanaman daun sendok juga terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun sendok dipercaya berkhasiat sebagai peluruh dahak, anti inflamasi, diuretic, obat batuk, antiseptik, menormalkan fungsi hati, mengobati keputihan, mengobati gangguan saluran kemih, mengobati penyakit kuning, dan batu empedu.

Itulah bermacam-macam tanaman obat keluarga yang wajib Anda tanam di sekitar rumah sebagai pengobatan keluarga.

Image : Tanaman Obat

2 thoughts on “Tanaman Obat Keluarga Tradisional Indonesia Dan Khasiatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *