Tips Menurunkan Beran Badan Pasca Melahirkan

Mungkin tidak sedikit dari para ibu yang masih bingung terhadap berbagai macam tips menurunkan beran badan pasca melahirkan. Ya, karena salah satu permasalahan yang akan selalu mengganggu para ibu pasca melahirkan adalah berat badan yang berlebihan. Karena saat mengandung, berat badan wanita memang akan meningkat drastis.

Tidak dapat dipungkiri tentunya bahwa tubuh bagi setiap wanita merupakan aset yang sangat penting bagi mereka. Sehingga ketika berat badan mereka melonjak naik, maka tidak sedikit wanita yang akan kehilangan rasa percaya diri karena tubuh yang gemuk. Dan kondisi tersebut tentu sudah menjadi salah satu kodrat bagi setiap wanita pada umumnya.

Tips Menurunkan Beran Badan Pasca Melahirkan

Sebenarnya memang terdapat cukup banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Namun yang harus dipertimbangkan adalah sisi kesehatan dari cara yang digunakan, karena saat sesudah melahirkan maka setiap ibu pada umumnya memiliki kewajiban untuk menyusui buah hati mereka.

Tips Menurunkan Beran Badan Pasca Melahirkan

Hal tersebutlah yang harus menjadi pertimbangan saat akan menurunkan berat badan pasca melahirkan. Karena buah hati ibu tentunya hanya akan mendapatkan makanan pokok mereka melalui ASI yang diproduksi oleh ibu. Sedangkan kualitas ASI pada seorang ibu tentu akan tergantung dari makanan yang dikonsumsi dalam keseharian.

Kondisi tersebut memang kerap menimbulkan dilema tersendiri bagi setiap ibu pasca melahirkan, disamping kewajiban utama mereka, tentu penampilan yang menarik merupakan salah satu hal yang paling di inginkan oleh setiap wanita pada umumnya. Untuk itulah ketika ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan harus mengetahui cara yang tepat.

Sehingga walaupun menjalankan program penurunan berat badan, namun tidak akan menggangu asupan makan buah hati yang diberikan melalui ASI. Untuk itulah mengapa diharuskan mengetahui cara yang tepat. Dan berikut ini adalah beberapa tips menurunkan beran badan pasca melahirkan yang dapat kita ketahui bersama.

  1. Yoga Dan Meditasi

Tidak hanya dalam kondisi normal, namun diketahui bahwa latihan senam seperti yoga hingga meditasi diyakini mampu membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan. Cara ini tentunya sangat aman karena tidak akan memberikan dampak buruk atau efek samping negatif baik pada ibu maupun anak.

Untuk gerakan-gerakannya sendiri mungkin dapat mengikuti para instruktur yang sudah berpengalaman agar aman sekalipun dilakukan sendiri di rumah. Sehingga untuk sekedar senam yoga atau meditasi, para ibu tidak lantas harus meninggalkan buah hati mereka.

  1. Olahraga Ringan

Selain senam yoga dan meditasi, salah satu cara efektif lain untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan adalah dengan berolahraga ringan. Tidak perlu melakukan olahraga khusus atau bahkan olahraga beban, namun dengan berjalan kaki pun diketahui dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.

Olahraga ingan ini mungkin akan lebih menyenangkan jika para ibu juga dapat membawa serta buah hati untuk berjalan bersama. Namun tentunya dengan menggunakan troli khusus untuk bayi, sehingga dapat berjemur di sinar matahari pagi. Untuk hasil yang optimal, lakukan olahraga ringan ini secara rutin dan teratur.

  1. Pola Makan

Jika tidak ingin berat badan terus melonjak naik pasca melahirkan, maka sebaiknya kendalikan pola makan dalam keseharian. Kendati sebagai ibu menyusui, tentu saja bukan berarti dapat mengkonsumsi berbagai macam makanan tanpa di seleksi terlebih dahulu. Karena kebiasaan tersebut biasanya merupakan hal yang umum dilakukan oleh sebagian besar ibu rumah tangga.

Dan sebenarnya yang dibutuhkan untuk menghasilkan ASI berkualitas adalah kandungan vitamin yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi. Maka dari itulah sebaiknya seleksi kembali setiap makanan yang dikonsumsi agar menghasilkan ASI yang berkualitas, dan jika ingin camilan maka gantilah dengan berbagai buah-buahan atau camilan sehat lainnya.

  1. Menyusui

Ya, sebenarnya tips terakhir dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan adalah dengan rutin dan teratur menyusui si buah hati. Mengapa demikian? Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa ketika seorang ibu menyusui sebenarnya kalori didalam tubuh mereka pun ikut terbakar, bahkan jumlah kalori yang dibakar setiap harinya mencapai 600 kalori.

Untuk itulah sebenarnya dengan menyusui secara rutin dan teratur dapat membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan. Demikian di atas tadi adalah beberapa tips menurunkan beran badan pasca melahirkan yang telah sama-sama kita ketahui. Semoga informasi serba-serbi terbaru di atas dapat menjadi referensi yang membantu sekaligus bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *