Trik Optimasi SEO Untuk Blog WordPress

Trik optimasi SEO untuk blog WordPress berikut ini diharapkan dapat membantu Anda yang tengah mencari informasi mengenai teknik SEO. Pasalnya untuk membuat sebuah blog dengan SEO yang baik memang tidaklah mudah, terdapat banyak upaya yang harus dilakukan jika ingin memperoleh hasil yang memuaskan.

SEO atau Seacrh Engine Optimization sendiri merupakan salah satu teknik yang hingga saat ini banyak digunakan oleh para webmaster profesional. Teknik ini diketahui sangat efektif dan juga membantu pemiliknya khususnya untuk mendongkrak visitor atau pengunjung website. Bagi kalangan pebisnis, hal tersebut tentu saja merupakan aspek penting dalam blog/website mereka.

Trik Optimasi SEO Untuk Blog WordPress

Selain itu, optimasi SEO sendiri juga diketahui dapat memberikan nilai lebih pada sebuah blog/website, baik menurut pembaca dan pengunjung blog/website hingga menurut mesin pencari otomatis. Namun tentu saja teknik tersebut juga jangan dilakukan secara berlebihan, karena jika berlebihan maka akan dianggap sebagai aktifitas yang tidak wajar oleh Google.

Trik Optimasi SEO Untuk Blog WordPress

Jika sudah demikian, maka tentu Anda juga sudah mengetahui konsekuensi apa yang akan dirasakan. Maka dari itulah mengapa disarankan agar tidak melakukan optimasi SEO yang berlebihan pada sebuah blog. Bagi Anda yang ingin mengetahui caranya, berikut ini adalah beberapa trik optimasi SEO untuk blog WordPress yang dapat kita perhatikan bersama.

  1. Keyword/Kata Kunci

Salah satu oprimasi SEO awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci untuk konten. Dengan langkah tersebut maka Anda berkesempatan untuk menemukan beragam keyword yang mudah terindex oleh Google. Banyak referensi yang menginformasikan bahwa dalam satu konten baiknya memiliki minimal 2% hingga 4% kata kunci/keyword.

  1. Konten Berkualitas dan Relevan

Setelah melakukan riset kata kunci/keyword, maka langkah selanjutnya adalah membuat konten yang berkualitas dan tentunya relevan dengan kata kunci yang digunakan. Konten atau artikel pada sebuah blog ini diketahui merupakan aspek paling penting dalam teknik SEO. Buatlah konten yang simple dan mudah dipahami pembaca, juga hindarilah membuat duplikat konten atau konten hasil rewrite.

  1. Meta Tag & Alt Tag

Optimasi yang satu ini mungkin masih dapat dikatakan masuk pada optimasi konten, karena semuanya berhubungan dengan konten yang akan dimuat pada sebuah blog/website. Dalam optimasi SEO diketahui terdapat dua kategori Meta Tag yang penting yakni meta deksripsi dan meta keyword.

Isilah meta keyword dengan kata kunci relevan dan isilah meta deksripsi dengan potongan bagian konten yang terdapat keyword. Sedangkan pada Alt tag, gunakan kata kunci yang relevan dari konten tersebut pada gambar yang akan digunakan pada konten. Dengan begitu, mesin pencari otomatis akan lebih mudah mengindeks blo/website anda.

  1. Sosial Media

Sosial media sebenarya bukan merupakan bagian dari SEO, namun faktanya ragam sosial media yang ada hingga saat ini diketahui memiliki peranan penting dalam pertumbuhan blog/website Anda. Salah satunya yakni dengan melakukan share pada berbagai media sosial yang digunakan, sehingga tingkat pengunjung pada blog/website tersebut dapat lebih cepat meningkat.

  1. Nama Domain

Satu lagi dari teknik optimasi SEO yang dapat membuat sebuah blog/website lebih mudah terindeks oleh mesin pencari otomatis yakni nama domain yang berisi kata kunci. Pilihlah kata kunci yang relevan secara selektif dan juga cermat agar tidak berlebihan, karena jika berlebihan maka hanya akan membuat blog/website Anda akan terlohat seperti spam.

Beberapa trik optimasi SEO untuk blog WordPress di atas merupakan teknik standar yang mudah untuk dilakukan. Tips dan cara tersebut juga sangat cocok bagi pemula yang ingin mulai mempelajari teknik SEO untuk blog atau website yang dikelola. Semoga informasi internet dan teknologi terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *