Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional dan Nasional

Ukuran lapangan sepakbola internasional dan nasional. Apakah Anda tahu jika lapangan sepak bola yang sering digunakan untuk kegiatan olah raga jenis sepak bola memiliki ukuran tersendiri? Ya, untuk membuat sebuah lapangan sepak bola ada ukuran yang harus Anda patuhi sehingga tidak asal-asalan dalam penentuan ukuran lapangan sepak bola ini.

Bahkan FIFA telah menetapkan sebuah ukuran standar untuk sebuah ukuran lapangan sepak bola. Pada awalnya permainan sepak bola hanya sebuah jenis olah raga outdoor sebagai sebuah latihan fisik.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini olah raga atau jenis permainan sepak bola haru dilakukan didalam sebuah stadion untuk alasan keamanan dan juga kenyamanan dalam permainan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

ukuran-lapangan-sepak-bola-internasional

Menurut FIFA untuk ukuran lapangan sepak bola internasional ada beberapa kriteria. Pertama adalah ukuran dan juga kuas dari lapangan itu sendiri. Untuk sebuah lapangan sepak bola untuk standar internasional harus memenuhi luas standar dengan panjang 100 hingga 110 m sedangkan untuk lebar lapangan adalah 64 hingga 75 m.

Ukuran ini adalah ukuran standar untuk sebuah lapangan sepak bola dapat disebut lapangan sepak bola kualitas standar internasional. Sehingga jika Anda perhatiannya disetiap pertandingan kelas dunia luas dari lapangan sepak bola selalu terlihat sama.

Dalam sebuah penjelasan yang lebih rinci FIFA (Federation Internasional de Football Association) tidak hanya menentukan panjang dan juga lebar sebuah lapangan sepak bola berskala internasional.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

FIFA juga menetapkan dimensi dan juga ukuran untuk setiap garis dan segala komponen yang ada pada lapangan sepak bola untuk ukuran pertandingan level standar. Standar ini juga yang digunakan untuk ukuran lapangan sepak bola nasional di Indonesia.

Sebuah lapangan harus memiliki panjang kurang lebih 90 hingga 120 m dengan lebar 45 hingga 90 m. Ukuran ini sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran lapangan untuk pertandingan level internasional. Sedangkan pada radius lingkaran tengah berukuran 9.15 m.

Komponen lain yang diatur ukuran dan juga dimensinya adalah ukuran kota kiper harus mencapai 18.32mx5.5 m. Pada kotak pinalti disetiap depan gawang harus dibuat dengan ukuran 40,3 m x 16.5 m.

FIFA mengatur semua komponen agar tercipta sebuah fasilitas sepak bola yang sempurna untuk menunjang permainan sepak bola agar semakin terlihat profesional dan juga berkelas. Kembali pada ukuran lapangan, untuk ukuran diameter busur pinalti dibuat menjadi 9.15 m. Ukuran ini ditentukan dari pusat busur pinalti pada titik pinalti. Sedangkan untuk titik pinalti dari garis gawang adalah sepanjang 11 m.

Pada area busur pojok lapangan harus dibuat dengan ukuran 1 meter. Sedangkan untuk pembuatan garis putih pada lapangan juga diatur oleh FIFA. Pembuatan garis putih untuk lebar tidak boleh melebihi batas ukuran 12 cm.

Sedangkan untuk masalah gawang tinggi gawang tidak boleh melebihi 2.4 m dan untuk lebarnya tidak boleh melebihi 7.3 m. Ukuran lapangan sepak bola tersebut adalah standar ukuran lapangan yang telah resmi dibuat dan dikeluarkan oleh pihak FIFA.

Image : Ukuran Lapangan Sepak Bola

One thought on “Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional dan Nasional

  • March 16, 2015 at 12:36 am
    Permalink

    Salam
    Ukuran lapangan sepak bola standar Nasional yang diuraikan di artikel ini adalah ukuran untuk dewasa atau U21, dan ukuran untuk anak lebih kecil lagi
    Trimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *